10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0
3496

Siapa yang tidak kenal Kabupaten Purwakarta? Purwakarta merupakan salah satu Provinsi di Jawa Barat, yang dimana berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara Jakarta.

Kabupaten ini juga berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian utara dan sebagian wilayah barat, serta Kabupaten Subang di Bagian Timur, dan sebagian wilayah utara, serta bagian bandung barat di bagian selatan, dan bagian cianjur di bagian barat daya. Bahasa khas yang digunakan di sana tentunya Bahasa Sunda. Bagaimana untuk tempat wisata di Purwakarta? Tentu anda tidak perlu khawatir karena akan kami ulas dibawah.

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta

Purwakarta terbagi atas tiga bagian berdasarkan relief buminya, seperti wilayah pegunungan, wilayah perbukitan atau danau, dan wilayah daratan. Berikut kami infokan mengenai beberapa destinasi wisata di Purwakarta yang wajib anda ketahui:

1. Taman Sari Baduga Situ Buleud

Taman Sri Baduga Situ Buleud
photo taken by @away__20

Taman Sari Baduga Situ Buleud terletak di Nagri Kidul, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Taman Sari ini merupakan taman dengan pertunjukkan air mancur di taman air, yang dimana disebut-sebut dapat menyaingi taman air di luar negeri lho. Apalagi semenjak diresmikan pada tahun 2013, taman sari ini sudah seperti magnet bagi warga sekitar.

Bila anda pernah melihat indahnya Wings of Time di Singapura, taman sari ini disebut-sebut merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Biaya masuk ke taman air ini tentunya masih gratis, apalagi bila anda melihatnya di malam hari. Anda akan melihat air mancur warna warni yang menari ke sana kemari yang tentu membuat mata anda takjub. Tapi anda hanya dapat melihat pertunjukan ini pada Sabtu malam selama tiga kali pertunjukkan.

Rute menuju taman air ini cukup mudah karena tidak begitu jauh dari Kota Purwakarta dan sangat dekat dengan stasiun purwakarta. Bila anda dari Jakarta dengan kendaraan pribadi anda dapat masuk tol cikampek dengan tujuan akhir Situ Beleud. Bila anda dari Bandung melalui Tol Purbaleunyi dengan tujuan akhir di Situ Beleud juga.

2. Curug Cipurut

Curug Cipurut
photo taken by @noviannuril

Curug Cipurut ini terletak di Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, Kampung Cileungsi, Desa Samurugul, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi anda anda harus berjalan 20 menit dari perkampungan sekitar dan melewati perkebunan teh. Curug Cipurut ini akan memanjakan anda dengan keindahan air terjunnya. Namun, curug ini masih belum banyak diketahui oleh orang banyak karena letaknya masih tersembunyi.

Disarankan bagi anda yang membawa anak kecil untuk berhati-hati, dikarenakan jalanan di sana masih licin dan sangat berbahaya di kala hujan. Tempat di curug ini sangat asri dan belum ada pembangunan apapun, karena warga sekitar berkomitmen bahwa kelestarian alam di sana tetap perlu dijaga. Curug ini baru dikenal pada awal mula tahun 2005 sebagai sumber air untuk warga sekitar saja, ternyata hal ini malah menarik warga lainnya untuk datang berkunjung.

Rute menuju lokasi ini bila menggunakan kendaraan pribadi anda dapat menempuh melalui Tol Cipularang, dari situ anda mengambil rute ke Winayasa. Jika menggunakan kendaraan umum anda cukup dari Terminal Simpang dengan Terminal Winayasa.

3. Curug Tilu

Tempat Wisata di Purwakarta
photo taken by @aditgober

Curug tilu terletak di Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Untuk menuju ke lokasi ini anda dapat menempuh dua jalur yaitu dari Jalan Cikao Bandung langsung menuju ruas Jalan Sukasari dengan jarak tempuh cukup dengan 40 menit. Kedua Rute menuju ke lokasi ini bila anda dari Jakarta, menuju Cileungsi dengan tujuan akhir Sukasari. Ke area ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi roda empat.

Curug Tilu ini disebut sebut mirip dengan Grand Canyon ala Sukasari. Untuk masuk ke lokasi ini anda akan dikenakan tarif tiket masuk untuk saat ini kurang lebih Rp.5.000,-/orang. Sebelum masuk ke Curug ini, anda menuju pos utama.

Di sana anda akan menemukan pos komunitas pecinta alam [email protected] berupa saung bambu beratapkan ijuk. Fasilitas yang disediakan di sana juga sudah cukup lengkap lho. Ketika anda memasuki curug ini, anda akan menemukan penginapan di pinggiran curug ini lengkap dengan ayunan (hammock), kemudian di sana juga anda disediakan kolam renang, tempat parkir, musholla, saung warung, dan tempat penyewaan pelampung.

Tidak hanya itu saja, anda dapat membeli sepaket dengan nasi liwet di sana. Di curug ini pula anda dimanjakan dengan pemandangan indah bebatuan khas pegunungan, apalagi airnya yang terlihat kehijaun yang hampir serupa dengan Grand Canyon Pangandaran di Jawa Barat.

4. Bukit Penenjoan

Tempat Wisata di Purwakarta
photo taken by @sharonlohh

Bukit Penenjoan ini terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta. Bukit ini dapat anda tempuh dengan jarak 17km dari Pusat Kota Purwakarta dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Anda dapat memulai perjalanan anda dari Purwakarta menuju arah Winayasa daerah Pondok Salam, kemudian anda dapat belok kanan menuju Gapura Indung Rahayu dimana terletak di pintu masuk Desa Salem.

Sepanjang perjalanan sebelum anda sampai di bukit ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang masih sangat hijau. Sesampainya di sana, anda akan melihat jembatan di bukit ini. Sehingga dari atas anda akan melihat suasana khas sunda dengan banyaknya didirikan saung-saung sebagai tempat peristirahatan. Di sana juga anda akan melihat Gunung Sangga Buana dan Danau Jatiluhur yang menambah pesona bukit ini.

Tidak hanya itu saja, di sekitaran kampung penenjoan ini, anda akan menemukan makam yang juga ramai dikunjungi oleh para peziarah setiap malam jumat. Makam tersebut adalah makam Syaikh Serepong yang merupakan adik dari Syaikh Dako Rancadarah Purwakarta.

5. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas
photo taken by @panz04

Sungai Cidomas terletak di Karakan Garokgek, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Lokasi Sungai Cidomas ini berbatasan langsung dengan Purwakarta dan Subang. Sehingga lokasinya kurang lebih 7 km dari Situ Wanayasa ke arah Subang.

Blue River merupakan julukan untuk sungai ini dikarenakan gemercik airnya, nuansa alamnya yang masih sangat alami, dan pepohonan yang hijau. Apalagi airnya sangat biru jernih tentu membuat anda tidak sabar untuk berenang bukan? Tapi jangan khawatir kedalaman sungai ini berkisar 10cm hingga 2 meter saja. Untuk dapat menuju ke lokasi Sungai ini bila anda dari Wanayasa anda cukup ambil ke arah Subang, kemudian anda mengikuti plag bertuliskan Wana Wisata Cidomas.

Untuk fasilitas di sana belum memadai, apalagi jika anda ingin mengganti dan mencari toilet anda harus menumpang ke rumah warga sekitar dengan berjalan sekitar 10 menit. Untuk biaya masuk ke lokasi sungai ini gratis, anda hanya perlu membayar sumbangan saja sebagai imbalan jasa dikarenakan sungai ini dijaga kelestariannya berkat swadaya masyarakat sekitar.

6. Gunung Lembu

Gunung Lembu Purwakarta
photo taken by @mohamadrizal66

Bila anda penyuka mendaki gunung, Gunung Lembu bisa menjadi destinasi yang tepat bagi anda dan teman anda. Gunung Lembu ini terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Akses menuju ke lokasi ini dapat anda gunakan dengan roda empat, tapi pilihan terbaik para pendaki gunung yang sudah ke sana lebih baik naik kereta dari Jakarta ke Stasiun Purwakarta. Kemudian setelah itu anda dapat menyambung dengan mobil pick up atau kendaraan bak terbuka.

Gunung lembu hanya memiliki ketinggian 792 mdpl. Tetapi untuk menaiki gunung ini cukup terjal dan banyak bebatuan, sehingga sangat disarankan bagi anda untuk berhati-hati. Setelah puas sampai di puncak gunung ini, mata anda akan dimanjakan dengan adanya waduk jatiluhur.

Di beberapa pos jalur pendakian juga sudah disediakan beberapa fasilitas seperti toilet, musholla, dan beberapa warung makan yang membuat anda cukup nyaman. Gunung Lembu merupakan gunung favorit karena dapat dilakukan dengan one day trip, apalagi pendaki yang berasal dari jakarta dan bandung.

7. Sasak Panyawangan

Wisata Purwakarta
photo taken by @cahaya_pamungkas

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Sasak Panyawangan. Destinasi ini terletak di Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jika anda berharap tempat yang ramah dengan pemandangan sawah, panas terik yang menyengat, dan bau pupuk kandang yang khas pertanian Sasak Panyawangan bisa menjadi pilihan. Wisata sasak panyawangan merupakan kaki bukit Gunung Parang Purwakarta.

Di sana anda dapat melihat berjejeran jembatan kayu. Akses menuju ke Sasak ini dengan menggunakan kereta dari Jakarta menuju ke Stasiun Purwakarta. Sesampainya di sana anda bisa carter angkot menuju pasar preled. Perlu anda perhatikan, angkot menuju sasak ini hanya beroperasi hingga pukul 17.00, selebihnya anda bisa menggunakan ojek setempat ke lokasi ini.

8. Taman Batu Cijanun

Taman Batu Cijanun
photo taken by @robidiots

Taman Batu Cijanun merupakan kolam mata air yang dibangun dan didirikan oleh warga setempat. Walaupun tempat ini lokasinya terpencil, namun sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Taman Batu Cijanun ini terletak di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Di kolam ini banyak batu yang bertata tidak beraturan, apalagi kolam ini dibuat seperti adanya aliran sungai, sehingga sangat cocok bagi anak anda yang ingin berenang di kolam ini.

Akses menuju ke Taman Batu ini cukup menempuh 30 km dari Kota Purwakarta. Bila anda menggunakan roda empat tidak perlu khawatir, biasanya kediaman para warga sekitar digunakan sebagai tempat parkir, hitung-hitung sebagai pemasukan warga tersebut juga bukan? Tapi infrastruktur jalanan menuju ke sana 50% belum cukup memadai, apalagi jarak parkir ke taman ini cukup jauh sekitar 1 km sehingga anda musti berjalan kaki.

9. Curug Cimalaya

Curug Cilamaya
photo taken by @zaarifin

Curug Cimalaya terletak di Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Curug Cimalaya merupakan air terjun Sungai Cimalaya. Cijalu dan Cikondang merupakan hulu sungai Cimalaya. Apalagi bila musim kemarau, air terjun sungai cimalaya ini dimanfaatkan warga sekitar untuk mengaliri perkebunan warga sekitar.

Curug cimalaya bisa menjadi destinasi bagi anda dan keluarga. Namun, sayangnya sebagian aliran sungai ini mulai tercemar karena banyaknya limbah pabrik, terkhusus yang berasal dari Karawang. Akses menuju ke curug cimalaya ini dapat anda tempuh dengan roda dua dan roda empat.

Jarak objek wisata ini dari kota Subang sekitar 37 km atau sekitar 50 kmM dari Kota Bandung. Sedangkan dari purwakarta anda dapat menempuh jaraksekitar 25 km kea rah wanayasa. Kondisi jalan menuju ke wisata ini sudah cukup bagus.

10. Ujung Aspal Wanayasa

Ujung Aspal Wanayasa
photo taken by @radlinnisa

Ujung Aspal Wanayasa terletak di Babakan, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Nama lain dari ujung aspal ini disebut Bukit Pinus Panyawangan. Wilayah ujung aspal ini menggabungkan 3 kabupaten yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Subang.

Ujung Apal merupakan wisata alam perkembangan pohon pinus milih Perhutani yang bekerjasama dengan LMDH, tokoh masyarakat, serta karang taruna setempat. Di sini anda akan dimanjakan dengan suasana dingin nan sejuk khas pegunungan. Di ujung aspal ini disediakan Bike Park bagi anda pecinta sepeda gunung dan camping ground.

Panjang lintasan bike park ini sekitar 2000 meter dari puncak, cukup untuk memacu adrenalin anda bukan? Camping ground juga demikian, sebagai tempat anda untuk berkemah menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga atau teman. Akses menuju lokasi ini dapat anda tempuh bila dari Kota Purwakarta ke Wanayasa sekitar 25 km.

***

Demikianlah 10 tempat wisata di Purwakarta yang wajib anda dan keluarga anda kunjungi. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan fisik anda dan kendaraan anda, tetap menjaga kebersihan, dan berhati-hati selama dalam perjalanan.

Perlu diperhatikan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar, karena sebagian besar objek wisata di purwakarta merupakan hasil swadaya masyarakat setempat. Jadi apa anda sudah menentukan pilihan objek wisata yang tepat bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan di Purwakarta? Sudah dong pastinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here