10 Tempat Wisata di Lombok Dijamin Akan Membuat Liburan Anda Menjadi Lebih Berwarna!

0
669

Jika anda pernah mendengar destinasi wisata yang menarik seperti Gunung Rinjani di Lombok, mungkin itu hanya salah satu destinasi wisata pilihan jika anda ingin berkunjung ke Lombok. Lombok merupakan sebuah kepulauan yang berada di Sunda Kecil dan masuk dalam Nusa Tenggara.

Pulau Lombok ini terbagi atas Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Utara. Jangan heran Lombok merupakan destinasi kedua dengan pantai terindah setelah Pulau Bali. Lombok juga diakui di dunia yang merupakan saingan pantai-pantai yang indah seperti di Hawai. Berikut akan kami berikan ulasannya beberapa tempat wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi:

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

1. Pantai Tanjung Aan

Tempat Wisata di Lombok
photo taken by @themancung on instagram

Lombok tidak akan henti-hentinya menyajikan anda wisata pantainya yang bagus dan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai Tanjung Aan terletak lebih kurang sekitar 75 km dari Kota Mataram atau sekitar 3 km dari Pantai Kuta Lombok. Pantai Tanjung Aan ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Uniknya dari pantai ini adalah pasir dari pantai ini yang tidak akan anda temukan seperti pantai-pantai lainnya dikarenakan pasir pantainya yang seperti merica.

Selain itu, Pantai Tanjung Aan ini sangat cocok bagi anda yang gemar snorkeling dan berenang, dikarenakan pantai ini cukup tenang dan dangkal sehingga sangat nyaman untuk dinikmati berenang atau snorkeling. Pada hari-hari biasanya pantai ini tidak terlalu ramai dikunjungi para wisatwan, namun pada bulan Februari pantai ini cukup diramaikan oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Hal ini dikarenakan adanya upacara adat setempat tentang Putri Mandalika yang terjun dari tebing tinggi sekitar pantai akibat tidak mau dipinang oleh Pangeran. Putri ini menjelma menjadi cacing laut yang dijadikan makanan oleh warga setempat. Rute menuju ke lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi adalah dari Kota Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta – dan Tanjung Aan.

2. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
photo taken by @zharnd on instagram

Pantai yang tidak kalah indahnya lagi adalah Pantai Sekotong. Pantai Sekotong terletak di Lombok Barat, Kecamatan Sekotong. Pantai Sekotong merupakan pantai yang bisa anda jadikan juga sebagai pilihan untuk snorkeling, dikarenakan pantai ini memanjakan anda dengan keindahan terumbu karangnya yang masih sangat alami dan jarang tersentuh.

Selain itu anda akan melihat biota laut lainnya yang tidak akan kalah indahnya. Anda juga bisa menyewakan kapal di sana bagi anda yang akan bersnorkeling. Pantai ini juga dikelilingi dengan perbukitan sama halnya dengan Pantai Tanjung Aan. Pasirnya masih putih dan lautnya masih sangat biru, dikarenakan pantai ini belum banyak terjamah oleh manusia. Selain itu di area pantai ini juga baru didirikan hotel dan penginapan.

Pantai ini berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Mataram, anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk mencapai pantai ini dengan menggunakan bus dengan waktu kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan. Selain itu anda juga mencapai Pantai Sekotong melalui Pelabuhan Nusa Penida dengan menyewa kapal Nusa Penida – Sekotong. Jarak waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar 3 jam.

3. Gunung Rinjani

Tempat Wisata di Lombok
photo taken by @adityadedet_ on instagram

Siapa sih yang tidak mengenal Gunung Rinjani yang meyajikan pemandangan alamnya yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya di Pulau Jawa? Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang tertinggi kedua di dunia lho. Gunung ini juga merupakan destinasi favorit bagi anda penggemar naik gunung dikarenakan pemandangannya yang sangat indah.

Selain itu Gunung Rinjani tidak hanya menarik wisatawan lokal saja, namun menarik wisatawan mancanegera. Keunikan Rinjani adalah memiliki Segara Anak, yaitu merupakan danau memiliki warna kebiru-biruan seperti laut. Kedua adalah Kawah Gunung Batujari, kawah ini terletak di tengah-tengah danau Segara Anak. Ketiga trek untuk mencapai Gunung Rinjani ini dibintangi 5 oleh para pendaki, dikarenakan walaupun trek yang akan dilalui sulit dan menantang, namun lelah anda akan terbayarkan dengan pemandangan yang tanpa batas bila sampai di atas. Keempat anda akan dimanjakan pula dengan pemandian air panasnya yang tidak jauh dari Danau Segara Anak.

Selain pemandian air panasnya, anda juga akan melihat banyaknya air terjun disekitaran Gunung Rinjani ini. Rute menuju Gunung Rinjani dari Pelabuhan Lembar Lombok ke Terminal Mandalika Mataram jarak waktu yang ditempuh kurang lebih 2-2,5 jam. Kemudian dari Terminal Mandalika ke Pasar Aimkel jarak waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam. Kemudian terakhir adalah dari Pasar Aimkel ke Basecamp Sembalun Rinjani dengan jarak waktu ditempuh lebih kurang 2 jam.

4. Desert Point

Travel Lombok
photo taken by @alexandreribeiro_xandinho on instagram

Bila anda para pecinta berselancar di atas awan, Desert Point bisa menjadi salah satu destinasi pilihan. Nama lain dari Desert Point adalah Bangko-Bangko. Desert point terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat, Barat Daya Pasir Lombok. Desert Point merupakan suatu laras terbang terpanjang. Desert Point merupakan salah satu pantai dengan ombak yang terbaik yang dijadikan incaran para peselancar.

Desert Point Bangko-Bangko memiliki ombak yang khas, biasanya sering dinamakan ombak kiri. Hal ini dikarenakan arus angin dari ombak ini membuat peselancar yang terdorong hanya mengarah ke kiri saja. Bulan terbaik untuk mengunjungi Desert Point ini adalah kisaran bulan Mei hingga Oktober. Di sana anda akan melihat pasang surutnya air laut Bangko-Bangko.

Sangat disarankan sebelum pergi ke Desert Point ini, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit, karena rute menuju ke lokasi ini cukup berat. Rute menuju ke lokasi ini bisa anda mulai dari Kota Mataram – Sekotong – dan sampai di Bangko-Bangko dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

5. Pantai Mawun

Pantai Mawun
photo taken by @syamsulhadi90 on instagram

Lombok tidak akan pernah bosan-bosannya memanjakan anda dengan suasana pantainya yang berbeda-beda salah satunya adalah Pantai Mawun. Pantai Mawun terletak di Pesisir Selatan, Lombok.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan dikarenakan minimnya informasi mengenai pantai ini, akses yang cukup sulit, serta masih minimnya fasilitas. Tapi tentu hal ini bukan menjadi rintangan bagi anda para pecinta pantai dan mencari ketenangan untuk menghindari hiruk pikuknya keramaian kota bukan?

Pantai Mawun merupakan pantai berpasir putih, garis pantainya yang berbentuk tapal kuda, serta pasirnya berstektur lembut di bagian tengahnya, sedangkan di bagian barat pantai ini pasirnya berstektur kasar. Pantai ini berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Mataram, bila anda menggunakan kendaraan jarak yang ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan rute Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta – Mawun.

6. Air Terjun Mangku Sakti

Wisata di Lombok
photo taken by @fahimnazeri_ on instagram

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani dari sekian banyak air terjun di gunung tersebut. Air terjun ini merupakan air dengan campuran belerang gunung. Kedalaman kolam yang diakibatkan oleh derasnya air terjun ini mencapai 2-4 meter dengan luas kurang lebih 15 meter.

Sehingga anda bisa berenang di kolam di bawah air terjun ini juga. Warna dari air terjun ini juga berbeda dengan air terjun lainnya yaitu berwarna hijau tosca. Untuk mencapai air terjun ini juga cukup menantang, namun anda akan dimanjakan dengan udaranya yang cukup sejuk, banyaknya hamparan pohon di sekelilingnya, dan banyaknya alang-alang yang bisa anda jadikan sebagai spot foto yang menarik .

Rute menuju air terjun ini berjarak sekitar 175 km dari Kota Mataram Lombok Timur – Taman Narmda – Mantang – Kopang – Terara – Sikur – Aikmel – Swela – Sapit – Lemor – Sembalun Bumbung – Sembalun Lawang – dan Sajang.

7. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
photo taken by @ernandiass on instagram

Bukit Pergasingan terletak di Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit Pergasingan juga merupakan salah satu bukit pemandangan yang indah. Bukit ini merupakan salah satu tempat pemanasan sebelum anda mendaki ke Gunung Rinjani, selain itu bukit ini juga merupakan salah satu alternatif jika Gunung Rinjani di tutup.

Jarak yang ditempuh untuk mencapai bukit ini dari Kota Mataram menuju ke Desa Sembalun kurang lebih ditempuh sekitar 2-3 jam. Hal yang paling menantang dari bukit ini adalah, selain anda akan menemukan banyaknya anak tetangga serta bebatuan, bukit ini juga memiliki kemiringan sekitar 60-70 derajat.

Tentu saja hal itu cukup menantang bagi anda pecinta petualangan. Apalagi bukit ini juga memiliki ketinggian sekitar 1700 mdpl, sehingga memang sangat cocok bagi pemula sebelum mendaki Gunung Rinjani. Rute menuju bukit ini sama halnya dengan rute menuju Gunung Rinjani karena bersebelahan.

8. Pantai Semeti

Pantai Semeti
photo taken by @adityatrw on instagram

Di Lombok anda tidak akan pernah bosan dengan destinasi-destinasi wisatanya yang siap memanjakan anda dengan pantainya. Pantai lain yang tidak kalah indahnya adalah Pantai Semeti yang terletak di Jalan Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Semeti ini bersebelahan dengan Pantai Mawi, Lombok Tengah. Pantai ini masih dikatakan masih perawan dan sepi dikarenakan kondisi jalan yang tidak baik apalagi bila hujan datang, tentu akan membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapai Pantai Semeti ini.

Pantai ini juga memanjakan anda dengan keindahan pantai pasir putihnya, birunya air laut, dan banyaknya bebatuan karangnya yang bisa anda nikmati. Pantai Semeti sangat cocok bagi anda yang hanya ingin menikmati kesunyian dan keindahan pantainya saja. Rute menuju pantai ini bisa anda lalui melalui Tol Pantura bila anda berasal dari Jakarta.

9. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
photo taken by @ama_bibu on instagram

Salah satu tempat wisata di Lombok yang cukup menarik adalah Pantai Tanjung Bloam. Pantai Tanjung Bloam terletak di Jalan Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Barat, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur. Pantai yang satu ini memanjakan anda dengan keindahan pasir putihnya dan air lautnya yang biru. Selain itu pantai ini merupakan salah satu konservasi penyu lho.

Selain itu pantai ini juga masih jarang terjamah oleh para wisatawan karena masih minimnya informasi mengenai pantai ini. Karena minimnya informasi menenai pantai inilah sehingga pantai ini hampir menjadi destinasi wisata yang terlupakan. Ketika anda menikmati pantai ini, anda akan melihat nelayan yang lalu lalang mencari ikan disekitaran pantai ini.

Pantai Tanjung Bloam hampir mirip dengan Tanjung Alam yang dimana pantai ini dikelilingi oleh bukit yang berbatu. Tidak ketinggalan Pantai Tanjung Bloam juga bisa menjadi spot yang indah bagi anda para pecinta photography. Rute menuju ke pantai ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2,5 jam dari Kota Mataram.

10. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi
photo taken by @kakisumpit on instagram

Pantai Tangsi terletak di Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai Tangsi dikenal dengan sebagai sebutan Pantai Pink yang tidak akan kalah menariknya dengan Pantai Pink yang berada di Flores. Pantai ini awal mulanya merupakan pantai transit bagi para nelayan yang berasal dari Tanjung Luar, Keruak. Pantai ini juga merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang berwarna pink setelah Flores.

Awal mulanya pantai ini berwarna pink dikarenakan pasir putihnya bercampur dengan serpihan karang yang berwarna merah muda, apalagi terkena terpaan sinar matahari menambah pasir pantai ini menjadi warna pink. Tidak hanya itu saja, anda dimanjakan dengan banyaknya bukit-bukit dan rumput disekitaran pantai ini.

Rute menuju ke pantai ini adalah melalui Kota Mataram ke Tanjung Ringgit dikarenakan lokasinya yang berdekatan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai pantai ini dikarenakan jalanan yang masih rusak.

***

Bagaimana? Beberapa tempat wisata di Lombok diatas menarik, bukan? Apa Pulau Lombok sudah menjadi destinasi wisata favorit anda selanjutnya? Apalagi Lombok merupakan salah satu destinasi pantainya terbaik setelah Pulau Bali yang tetap menjadi primadona para wisatawan baik lokal maupun mancanegara bagi para pemburu pantai.

Walaupun banyaknya lokasi wisata yang masih belum terjamah, tentu bukan menjadi halangan bagi anda pecinta petualangan. Selain itu perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda, apalagi beberapa destinasi wisata di Lombok yang cukup banyak mengurus tenaga fisik anda, namun semua ini akan terbayar ketika anda sampai di beberapa tempat tujuan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here