10 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits dan Sangat Instagramable, Kesana Yuk!

0
1460

Siapa yang tidak mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta? Daerah ini merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Selain dijuluki sebagai kota pendidikan atau banyaknya pelajar yang menimba ilmu di sana, yogyakarta juga merupakan kota yang memiliki keanekaragaman budaya dan seni, kulinernya, bahkan destinasi wisatanya yang jangan sampai anda lewati bila berkunjung di sini.

Selain aneka kulinernya yang beragam dan unik, Daerah Istimewa Yogyakarta akan memanjakan anda dengan destinasi wisata alamnya yang khas dan masih sangat alami. Berikut kami berikan ulasan mengenai tempat wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi:

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

1. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum
photo taken by @renytadewi on instagram

De Mata Trick Eye Museum terletak di XT Square, XT Square Gedung Umar Kayam Lantai Basement, No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Bila anda mengatakan bahwa museum itu membosankan, tunggu dulu! Anda wajib untuk mengunjungi museum unik yang satu ini.

Museum ini dkhususkan bagi anda pecinta foto selfie dengan nuansa yang berbeda. Di sana anda akan dimanjakan dengan wahana wisata foto 3D, 4D, 5D, sehingga anda foto seperti layaknya benar-benar berada di situ. Lebih menariknya lagi di sana di sediakan lebih kurang 120 gambar 3D loh yang membuat anda berfoto selfie tidak habis-habisnya. Apalagi beraneka ragam gambar disajikan di sana.

Agar bisa menuju ke lokasi ini, bila menggunakan kendaraan umum bisa menaiki Trans Yogya jurusan 2B dari Halte Malioboro untuk menuju ke Jalan Veteran. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta, ambil arah ke alun-alun kidul, lalu ambil MT Haryono – Mayjen Sutoyo – Kol. Sugiono – Menteri Supeno, dan terakhir mengambil arah Jalan Veteran.

2. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru
photo taken by @ntisputri on instagram

Wisata alam kalibiru terletak di alan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kalibiru pada mulanya merupakan nama sebuah hutan, namun kemudian diubah menjadi wisata alam kalibiru. Hutan kalibiru merupakan dataran tinggi yang subur dengan ketinggian 450 mdpl.

Hal yang menarik adalah Kalibiru ini berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, dan air terjun Sidoharjo. Yang perlu diperhatikan, jalan menuju wisata alam kaliburu ini cukup menanjak dan berliku, sehingga bila anda menggunakan kendaraan pribadi dipastikan agar kendaraan kuat untuk menghadapi medan di sana.

Rute menuju ke wisata alam biru ini dapat anda lalui dengan 3 rute yaitu Rute Sermo, Rute Clereng, dan Rute Malioboro. Rute Clereng merupakan rute yang paling diminati dikarenakan anda akan terhindar dari banyaknya jalan yang rusak dan waktu perjalanan relatif singkat.

3. Puncak Kosakora

Tebing Breksi
photo taken by @grahan_ on instagram

Puncak Kosakora terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak kosakora memiliki nama lain yaitu bukit kosakora. Puncak kosakora merupakan bukit yang terletak di Pantai Drini. Puncak kosakora yang memiliki ketinggian 50 mdpl ini memiliki pemandangan alam yang indah. Apalagi puncak ini terletak di pinggir laut, sehingga akan menambah daya tarik dari puncak ini sendiri.

Dari atas puncak ini, anda akan melihat hamparan laut biru serta puncak gunung kidul. Di sisi timur anda akan melihat Pantai Kukup dan di sisi barat anda akan melihat Pantai Drini. Lebih menariknya lagi, kebanyakan para wisatawan berkunjung ke puncak ini untuk melihat sunrise atau sunset, bahkan sampai berkamping. Walaupun puncak kosakora ini tidak terlalu tinggi dan luas, tapi untuk mendirikan tenda cukup sampai mendirikan 5 tenda lho.

Rute menuju puncak ini dari Kota Yogyakarta kurang lebih ditempuh 75 km atau lebih kurang 2 jam. Anda akan melalui Yogyakarta- Piyungan- Patuk – Gading- Wonosari- jl. Baron – Kukup – pantai Drini – kemudian anda akan berjalan ke Pantai Ngrumput dan sampialah anda di Puncak Kosakora.

4. Pantai Timang

Pantai Timang
photo taken by @shendymp on instagram

Pantai Timang terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Timang Gunung Kidul ini merupakan surganya pantai. Dikatakan surga pantai karena memiliki puluhan pantai eksotis yang masih sangat alami.

Keunikan dari pantai ini adalah anda akan menemukan karang yang besar, untuk mencapai karang yang besar ini anda akan menggunakan kereta gantung atau gondola. Kereta gantung atau gondola ini tentu mempunyai sejarah tersendiri bagi penduduk setempat. Kereta gantung atau gondola ini merupakan perjuangan para nelayan untuk menyebrang ke pulau untuk mencari hasil laut, sehingga kereta gantung atau gondola ini menjadi khas tersendiri di Pantai Timang.

Awal mulanya pantai ini tidak terlalu terkenal karena pada mulanya pantai ini hanya dijadikan sebagai objek tempat para nelayan mencari lobster. Untuk menuju ke lokasi ini anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam perjalanan atau 50 km dari Kota Yogyakarta.

5. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
photo taken by @ikafvsco on instagram

Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kebun buah ini anda akan dimanjakan dengan udaranya yang sejuk serta pemandangannya yang luar biasa, anda juga bisa melihat Pantai Parangtritis dan Pantai Bantul, anda juga bisa berlibur sekaligus mempelajari tumbuh-tumbuhan, dan anda bisa melihat pembibitan sapi juga lho.

Fasilitas yang disediakan kebun buah ini adalah berupa penginapan atau homestay, gedung pertemuan, kolam renang, outbound, flying fox, jembatan goyang, bumi perkemahan, reflying, lahan pembelajaran pembibitan tanaman, pembelajaran pembuatan pupuk, banyaknya aneka tanaman hias serta buah dan parkirnya gratis. Rute menuju kebun buah ini adalah dari Kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 30km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi selama 1 jam perjalanan.

6. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
photo taken by @tegarhdyt on instagram

Pantai Nglambor terletak di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ngalmbor bisa menjadi destinasi bagi anda yang suka menyelam atau snorkeling. Uniknya lagi, anda akan menyelam dengan dua pulau karang berbentuk kura-kura raksasa lho. Keunikan lain dari pantai ini adalah anda akan dimanjakan dengan keindahan biota bawah laut di pantai ini.

Tapi perlu diperhatikan, ombak di pantai ini juga cukup kuat. Tapi anda tidak perlu khawatir karena dua batu karang raksasa berbentuk kura-kura tersebut siap melindungi anda. Karena terlindung oleh pulau karang itu, tentunya airnya akan sedikit tenang, sehingga membuat anda bebas untuk snorkeling sepuasnya.

Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan, serta awalnya pantai ini sepi dikarenakan akses menuju pantai ini sulit sehingga mengurangi minat wisatawan. Tapi bagi anda penyuka snorkeling tentu bukan menjadi halangan bukan? Apalagi pantai ini sudah mulai dikembangkan dan dijaga.

Untuk menempuh ke Pantai ini anda bisa menempuh sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Kemudian anda akan melewati Pantai Siung, melewati Pos retribusi, bila bertemu pertigaan belok ke kanan kemudian menyusuri jalan madakam. Di penghunung jalan ini barulah bertemu pantai ini. Tapi untuk saat ini tidak bisa menggunakan akses mobil dan bus untuk masuk ke sana, sehingga anda perlu naik ojek untuk sampai ke pantai ini.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan
photo taken by @jamilhanafii on instagram

Bila anda menyukai destinasi wisata berupa peninggalan sejarah, candi prambanan mungkin bisa menjadi pilihan. Candi prambanan terletak di Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama lain candi ini adalah Candi Roro Jonggrang yang merupakan kompleks Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke 9 masehi.

Perlu anda ketahui bahwa candi ini merupakan warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO dan termasuk cagar budaya yang dilindungi lho, selain itu candi ini juga merupakan yang paling indah di Asia Tenggara karena struktur bangunannya yang tinggi, ramping, dan sangat khas. Sehingga karena itulah banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke candi ini. Akses menuju ke candi ini juga cukup gampang yang dimana terletak di jalan raya yogyakarta – solo sehingga dapat mudah di akses dari mana saja.

8. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
photo taken by @ryo_rebi on instagram

Pantai Ngandong terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini merupakan salah objek wisata pantai yang indah dan alami di Gunung Kidul. Di pantai ini anda juga dapat memancing ataupun berjalan menuju ke Pantai Ngandong dan Pantai Sundak. Selain itu anda dapat melihat nelayan mengambil rumput laut di pantai ini lho.

Selain anda dimanjakan dengan indahnya pasir putih di pantai ini, air di pantai ini juga cukup landai sehingga aman bagi anak-anak untuk bermain air di pantai ini. Fasilitas lain yang disediakan pantai ngandong ini adalah penginapan, sehingga anda bisa menginap di pantai ini. Apalagi posisi strategis pantai ngandong ini langsung menghadap Samudera Hindia, sehingga pantai ini merupakan pantai yang strategis untuk menikmati matahari tenggelam atau sunset.

Akses untuk menuju ke pantai ini bila dari Yogyakarta adalah ke Patuk melewati Jalan Wonosari – Sambipitu – pertigaan Lanud TNI Gading belok kanan – Playen – Saptosari – terakhir bertemu pertigaan Pantai Baron. Jarak yang ditempuh kurang lebih 2-2,5 jam saja.

9. Tebing Breksi

Tebing Breksi
photo taken by @grahan_ on instagram

Tebing Breksi terletak di Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang paling banyak dicari saat ini oleh para wisatawan, sehingga anda wajib untuk berkunjung ke tebing ini. Apalagi tebing ini cocok bagi para wisatawan yang menyukai petualangan, selain itu di sana juga disediakan panjat tebing dan bermain sepeda gunung.

Selain itu tempat ini juga cocok bagi anda yang suka foto selfie. Hal yang paling menarik adalah ketika anda sampai di puncak tebing ini anda akan melihat keindahan Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Gunung Merapi, dan tentunya keindahan Kota Yogya. Tapi untuk mencapai puncak gunung ini anda perlu menaiki banyak anak tangga.

Rute menuju tebing ini bila anda dari Yogyakarta, anda mengambil ke arah Candi Prambanan – pertigaan pasar prambanan – ambil arah ke kanan Piyungan – menuju candi Ijo. Tapi perlu diperhatikan jalan di sana kurang mulus, seingga periksalah kendaraan anda sebelum anda berangkat.

10. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro
photo taken by @vembri_prima on instagram

Jurang Tembelan Kanigoro terletak di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurang tambelan ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang sangat cocok bagi mereka pengejar sunset atau matahari tenggelam dan kabut yang selalu diburu bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain itu gardu pandangnya adalah tempat para wisatawan untuk melihat matahari terbit atau sunrise, hal inilah yang membuat jurang tembelan menyajikan pemandangan yang unik. Jurang Tembelan Kanigoro juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer saat ini dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Apalagi jurang tembelan kanigoro ini dekat lokasinya dengan Taman Buah Mangunan. Rute menuju ke jurang tembelan kanigoro ini adalah dari Kota Yogyakarta ambil arah ke Terminal Giwangan – Jalan Imogiri – Makam Raja Matraman – Kebun Buah Mangunan. Jurang ini tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan ini.

***

Demikianlah ulasan kami mengenai rekomendasi tempat wisata di Jogja (Yogyakarta) yang wajib anda kunjungi. Jangan lupa untuk mencicipi wisata kuiner khasnya, apalagi belanja oleh-oleh dari Yogyakarta berbentuk kerajinan tangan khas penduduk setempat. Jangan khawatir bila anda memikirkan biaya untuk berkunjung ke kota ini, karena Kota Yogyakarta cukup dikenal dengan biaya hidupnya yang relatif lebih murah.

Tetap perhatikan estiminasi waktu anda selama berkunjung dari satu tempat destinasi wisata ke destinasi lainnya. Jangan lupa tetap jaga kesehatan anda dan kendaraan anda bila anda menggunakan kendaraan pribadi. Selamat berliburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here