10 Tempat Wisata di Garut Paling Direkomendasikan Karena Memiliki Pemandangan yang Indah dan Menarik

0
1149

Kabupaten Garut merupakan salah satu Kabupaten di daerah Jawa Barat. Ibukota dari Kabupaten ini yaitu Tarogong Kidul. Mungkin anda akan bertanya-tanya bila anda baru tinggal di Garut atau bahkan tinggal dekat garut. Adakah tempat wisata yang hanya untuk sekedar menghilangkan kepenatan karena rutinitas pekerjaan? Tentu jawabannya ada!

Anda tidak perlu jauh-jauh lagi bila anda tinggal di Garut atau bahkan sekitaran Garut hanya untuk menghilangkan kepenatan anda tanpa perlu membuang banyak waktu, tenaga, dan uang.

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut

Di Garut, anda akan banyak menemukan tempat-tempat wisata yang berbukit-bukit dan masih sangat asri. Kabupaten Garut terkenal akan keindahan pemandangan alamnya yang asri, hijau, dan sejuk.

Berbagai macam destinasi di Garut bisa menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pencinta pendaki gunung karena anda akan menemukan beberapa gunung di sana. Sudah tidak sabar bukan? Yuk simak beberapa tempat wisata di Garut yang wajib anda kunjungi, berikut akan kami berikan ulasannya.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Garut
photo taken by @lestaridsy

Gunung Papandayan ini terletak di Desa Sirnajaya, Kramat Wangi, Kecamatan Cisurapan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2666 mdpl ini merupakan salah satu destinasi yang cocok bagi anda, keluarga, atau sahabat anda untuk hiking atau camping. Gunung ini masih berstatus aktif.

Selain anda akan menikmati pemandangan yang indah, anda juga akan melihat beberapa kawah yang terkenal yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Perlu anda ketahui bahwa kawah-kawah tersebut akan mengeluarkan uap di setiap sisinya. Bila sebelumnya anda pernah ke sini dan pada saat ini ingin berkunjung ke sana lagi, anda akan melihat suasana yang berbeda. Dimulai dari area parkiran yang semakin luas dan juga harga tiket masuk yang naik dari sebelumnya. Mengapa demikian? Karena Gunung Papandayan saat ini telah dikelola oleh perusahaan swasta.

Selain kawah, di sana anda juga akan melihat banyak pohon mati yang terletak di area perkemahan pondok saladah. Hutan mati juga merupakan tempat favorit bagi anda yang hobi dengan fotografi atau hanya sekedar berselfie ria karena keunikan pohon mati itu sendiri. Selain itu di sana juga disediakan kolam rendam air panas yang berasal langsung dari kawah papandanyan dengan panas 30 derajat celcius. Konon air yang berasal dari belerang ini ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, kurap, jamur, dan penyakit kulit lainnya.

2. Pantai Sancang

Pantai Sancang
photo taken by @ilhamnurikhsan

Pantai Sancang terletak di Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut. Di pantai ini anda akan melihat pemandangan yang asri dengan lingkungan yang khas dan masih sangat alami karena belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi bagi anda yang gemar untuk fotografi dan berselfie ria, Pantai Sancang merupakan pilihan yang tepat karena pantainya yang masih sangat alami.

Tidak hanya itu saja, di sana anda akan menemukan hutan bakau, sungai, beragam hewan dan tumbuhan, dan anda akan banyak melihat banyak batu-batu bertebaran yang membuat suasana pantai tersebut menjadi semakin eksotis.

Mitos di balik pantai ini sangat berkaitan erat dengan Kerajaan Padjajaran. Kisah menyebutkan bahwa Raja Siliwangi yang terkenal di Kerajaan Padjajaran menghilang di hutan ini, dikarenakan sebelumnya ia berselisih dengan puteranya karena berbeda keyakinan. Cerita terakhir adalah Raja Siliwangi dan pengikutnya berubah menjadi macan putih di hutan itu.

3. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
photo taken by @its_rizki

Gunung lainnya yang wajib anda kunjungi bila suka hiking dan camping lainnya adalah Gunung Cikuray. Gunung Cikuray terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.821 meter dan masih berstatus aktif. Gunung ini merupakan gunung yang terbesar di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gungung Pangrango, dan Gunung Gede.

Gunung ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan gunung lainnya yang membuat pecinta naik gunung ingin selalu kembali ke sini. Pendakian Gunung Cikuray memiliki 3 jalur yaitu Jalur Bayongbong, Cikajang, dan Pemancar. Jalur pemancar merupakan salah satu jalur favorit bagi para pendaki. Perlu diingatkan bagi memang anda yang baru pertama kali menaiki gunung, di setiap gunung tentu mempunyai penjaga tersendiri, sehingga kita harus saling menjaga sikap dan tidak lupa pula untuk berdoa agar memperoleh perlindungan dari Sang Kuasa.

Ingat kisah Rani yang menghilang di gunung ini namun jasadnya tidak ditemukan? Di sinilah terakhir Rani menghilang. Maka, kita doakan saja semoga almarhumah Rani baik-baik saja. Aamiin.

4. Gunung Guntur

Gunung Guntur
photo taken by @noviyantikartika1

Gunung Guntur dengan ketinggian 2.249 mdpl merupakan ikon selamat datang di Kota Garut yang dekat dengan perbatasan yaitu daerah Sukawangi Tarogong Kaler. Jadi jangan heran bila gunung ini menjadi destinasi utama favorit para pendaki gunung pertama kali. Untuk masuk ke gunung ini tidak berbayar alias gratis, sehingga anda hanya memberikan cukup sumbangan saja.

Di gunung ini anda akan menemukan sumber air yang bisa langsung untuk diminum. Jadi tidak perlu khawatir bila kehausan bukan? Bagi anda para pendaki yang tidak membawa peralatan atau kurang lengkap, di sana disediakan peralatan pendakian untuk disewa loh. Seperti tenda, flysheet, senter, hammock, kompor, matras, dan nesting.

5. Curug Cikawung

Curug Cikawung
photo taken by @ali_habibi83

Bila anda penyuka pemandian air terjun atau suka dengan keindahan air terjun, Curug Cikawung merupakan pilihan yang tepat. Air terjun yang terletak di Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini merupakan curug musiman. Kenapa demikian? karena curug ini dialiri air hanya ketika musim hujan saja.

Curug Mala atau Curug Cikawung ini mempunyai banyak berundak yang tidak terlalu tinggi. Selain itu pemandangan tak kalah menariknya adalah ketika air yang turun deras di curug ini menambah keindahan yang eksotis tersendiri. Jangan lupa untuk mampir ke Curug ini, karena biaya untuk masuk curug ini gratis loh sampai saat ini.

6. Curug Nyogong

Curug Nyogong
photo taken by @restiayup26

Air terjun yang tak kalah menariknya adalah Curug Nyogong yang terletak di Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut. Anda dapat menempuh cukup 3 jam dari Kota Garut. Bila anda berkunjung ke sini, anda akan melihat pemandangan curug lainnya yaitu Curug Nyogong.

Tapi untuk mencapai curug ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar setengah jam dengan melewati hutan. Dijamin anda tidak akan bosan selama menempuh perjalan ke curug ini. Anda akan dimanjakan dengan keindahan pepohonan yang asri. Ditambah bila anda sudah sampai di sana, anda akan dimanjakan dengan derasnya air curug ini.

Anda harus memiliki nyali lebih untuk bisa berenang di curug ini. Untuk cuaca disekitarnya, salah satu tempat wisata di Garut ini cukup dingin, disarankan untuk tetap menyediakan sweater dan kaos kaki yang nyaman dan hangat.

7. Kawah Telaga Bodas

Kawah Talaga Bodas
photo taken by @hermanz.86

Kawah telaga bodas juga merupakan salah satu destinasi wisata pegunungan yang jangan sampai anda lewati. Kawah telaga bodas ini ini terletak di Wanajaya, Jalan Telaga Bodas Nomor 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut.

Dengan jarak 28 km dari Kota Garut yang dapat anda tempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Tapi pastikan bahwa kendaraan anda cukup baik, karena perjalanan menuju ke lokasi ini beberapa rusak berat. Kawah ini merupakan danau kecil atau telaga yang merupakan bekas gunung telaga bodas.

Selain itu, pemandangan kawah ini yang tidak kalah menarik pemandangan hutan yang berbatasan langsung dengan kawah ini. Untuk fasilitas yang disediakan di sana, anda tidak akan menemukan warung seperti dulu, jadi disarankan anda membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

8. Puncak Guha

Puncak Guha
photo taken by @regitanov25

Pantai yang belum terjamah di Kabupaten Garut dan masih sangat alami adalah Pantai Guha. Sebelumnya Pantai Puncak Guha ini belum banyak terekspos, namun bila anda menyadari, Pantai Puncak Guha ini mulai terkenal dan terkspos dengan adanya film perahu kertas.

Puncak Guha memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya, ia tidak memiliki banyak hamparan pasir, tapi anda akan melihat tebing tinggi yang langsung berhubungan dengan laut. Fasilitas yang disediakan di sana belum lengkap, di sana anda tidak akan menemukan warung, toilet, musholla, bahkan tempat untuk penginapan.

Tempat peristirahatan seperti gazebo hanya ada 2 di sana, itupun dalam kondisi kurang baik. Bila memang anda ingin menginap di sana, anda dapat ke Pantai Rancabuaya yang berjarak 2 km dari Pantau Puncak Guha ini. Pantai Puncak Guha merupakan pilihan yang tepat bila anda ingin melihat sunrise dan sunset.

9. Curug Sang Hyang Tareje

Curug Sanghyang Taraje
photo taken by @arie_rahmt

Curug Sang Hyang Tareje yang berjarak 50 km dari Kota Garut ini merupakan salah satu wisata alam yang alami. Lokasi tepatnya curug ini adalah berada di Kecamatan Pamulihan, Desa Pakenjeng, Garut Selatan, Jawa Barat.

Mitos warga sekitar adalah curug ini merupakan tangga bagi yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Legenda air terjun ini adalah dimana Sangkuriang mengambil bintang untuk Dayang Sumbi. Di sana juga tempat Sangkuriang menyimpan harta karunnya dan dijaga oleh ular besar.

Konon anda juga akan menemukan telapak kaki raksasa Sangkuriang, namun sangat jarang orang menemukannya. Fasilitas yang disediakan di sana juga sudah cukup lengkap walaupun belum adanya penginapan karena belum ada bantuan dari pemerintah seperti tempat istirahat/gazebo, warung, dan jalan yang sudah di semen. Di sana juga sudah lebih tertata dengan lebih baik. Bila anda menggunakan transportasi mobil diharapkan agar lebih berhati-hati dikarenakan jalannya yang masih cukup berbahaya.

10. Bukit Lolonggokan

Bukit Lolongokan
photo taken by @iwanherawanshr

Bukit Lolonggokan terletak di Jalan Talegong, Sukamulya, Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kecamatan Talegong merupakan kecamatan paling barat kabupaten garut. Lokasi bukit ini berdekatan dengan Bandung, sehingga menuju bukit ini cukup jauh dan masih sangat jarang dikunjungi oleh pengunjung. Di bukit ini mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan panorama hijau yang indah.

Dari atas bukit anda akan melihat jalan-jalan yang bagus meliuk-liuk, rumah warga, dan hamparan pepohonan yang indah. Bila anda datang dari Garut, anda akan menempuh jalan yang panjang dan melelahkan, ditambah lagi jalanan yang belum cukup baik, berbeda bila anda datang dari Bandung.

***

Demikianlah 10 tempat wisata di Garut yang wajib anda kunjungi, tapi perlu diperlihatkan di Garut cenderung berbukit-bukit bagi anda penyuka destinasi wisata alam yang asri dengan banyak bukit-bukit atau tebit, karena kabupaten garut merupakan daerah dataran tinggi. Tetap jaga kondisi kendaraan anda dan keluarga, karena di sana akan banyak menemukan cuaca yang cukup dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here