10 Tempat Wisata di Cirebon Ini Mempunyai Pemandangan yang Indah dan Eksotis, Yuk Kesana!

0
1044

Cirebon merupakan kota bersejarah, di samping peninggalan kesultanan, Cirebon juga memiliki destinasi wisata yang wajib anda dan keluarga kunjungi untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Seperti destinasi cagar budaya dan pemandangan alam yang tak kalah indahnya.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa Cirebon memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah dan memiliki pemandangan yang eksotis. Namun disini kami hanya merangkum 10 destinasi yang terbaik saja. Bagaimana sudah tidak sabar bukan? Berikut akan kami bagikan 10 tempat wisata di Cirebon yang paling indah dan menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon

1. Ade Irma Suryani Waterland

Tempat Wisata di Cirebon
photo taken by @neneng_bunay

Ade Irma Suryani Waterland atau disebut Cirebon Waterland terletak di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Lemahwungkuk, Tepi Pantai Utara, Kota Cirebon, Jawa Barat. Awal mulanya bernama Taman Ade Irma Suryani sejak tahun 1966 sebagai pusat rekreasi dan lebih dikenal dengan nama Traffic Garden Cirebon. Namun, mulai pada tahun 2014 dikembangkan menjadi Ade Irma Suryani Waterland atau disebut Cirebon Waterland hingga saat ini. Fasilitas di waterland ini cukup lengkap yaitu waterboom, perahu bebek, kolam arus, kolam renang olimpic, air mancur, dan wahana wisata lainnya yang dapat anda nikmati.

Bagi anda yang ingin menginap di sana telah tersedia 40 cottages yang berada di pinggir pantai yang bisa anda nikmati bersama pasangan atau keluarga anda. Untuk harganya tentu jangan ditanya, penyewaan cottages di sana cukup menguras kantong. Jadi bila ingin menginap di sana jangan lupa sediakan uang secukupnya ya. Bagaimana mengatasi perut lapar anda? Anda tidak perlu khawatir di sana banyak tersedia makanan laut dan makanan khas sunda tentunya.

Pemandangan tidak kalah menariknya di sana anda akan melihat kapal besar bertuliskan Ceng Ho. Kapal ini merupakan restoran yang berbentuk kapal, bila dilihat dari kapal ini mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan langsung menghadap laut utara jawa. Bila dilihat dari sisi kiri anda akan melihat dermaga. Di dermaga ini pengelola menyediakan juga rumah apung yang unik dan menarik. Rumah apung ini hampir mirip dengan Pulo Cinta yang berada di Gorontalo.

Namun sayangnya Ade Irma Suryani ini sudah tidak seperti taman yang awal mulanya dikenal warga sebagai destinasi yang tempat untuk piknik dan menikmati pemandangan laut karena sudah banyak perombakan di waterland ini. Tapi anda tidak perlu khawatir, anda dan keluarga masih bisa menikmati pemandangan laut yang indah di sana. Jam buka waterland ini dimulai pada pukul 06.00-16.00 WIB. Akses ke lokasi inipun cukup mudah, anda dapat menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Apalagi anda tidak akan tersesat dengan adanya palang hijau jalan yang membantu anda menuju Waterland ini.

2. Danau Setu Patok

Tempat Wisata di Cirebon yang Indah
photo taken by @raynaldots

Danau ini terletak di Desa Setu Patok, Mundu, Kabupaten Cirebon. Bila anda berada di Kota Cirebon jangan sampai melewatkan keindahan danau ini. Danau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik pada hari biasa maupun hari libur. Luas danau ini sekitar 30 hektar cukup memanjakan anda dan keluarga.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap yaitu ada area parkir yang cukup luas, musholla, kamar mandi/wc, kolam renang, villa penginapan, lapangan golf, tempat karaoke keluarga, bumi perkemahan, outbond, lintasan ATV, tempat pemancingan, dan masih banyak fasilitas lainnya yang bisa anda nikmati.

Pemandangan tak kalah menariknya adalah adalah melihat sunset di waduk ini. Bila pada musim kering, di tengah danau ini akan terlihat gundukan gunung kecil, anda dapat melihatnya secara langsung dengan cukup menyewa kapal nelayan di sekitar danau tersebut. Agar bisa ke lokasi ini cukup mudah anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum dengan bantuan google maps sehingga anda tidak tersesat.

3. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
photo taken by @rmklapamanis

Bukit Gronggong terletak di Patapan, Beber, Cirebon. Lokasi ini berada di antara pertengahan Cirebon dan Kuningan. Bukit Gronggong ini merupakan salah tempat wisata di Cirebon yang romantis apalagi di kalangan muda mudi yang berkunjung di sini. Untuk melihat keunikan bukit ini anda dapat menikmatinya di malam hari dengan melihat keindahan lampu-lampu di Cirebon di atas Bukit Gronggong ini. Tidak hanya melihat keindahan Cirebon dari atas saja, anda dan keluarga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang tidak kalah indahnya. Di sekitaran bukit ini anda akan melihat banyak penjual jagung bakar untuk menemani malam indah anda bersama keluarga.

Bila anda pergi bersama rombongan temanpun tidak perlu khawatir, di sana juga telah tersedia banyak rumah makan, dari rumah makan yang biasa hingga berkelas. Salah satu rumah makan yang cukup mewah di sana adalah Rumah Makan Klapa Manis. Rumah makan ini memang terlihat berbeda dari yang lainnya. Seperti suasanannya yang cukup redup dan nyaman, serta parkirannya yang luas dan cukup sesak sehingga membuat anda semakin penasaran untuk berkunjung ke rumah makan ini.

Bagi anda pengendara mobil maupun motor yang melewatkan bukit ini, sangat disayangkan bila tidak singgah di bukit ini hanya sekedar untuk menikmati pemandangan dari atas bukit ini sembari menikmati jagung bakar yang disedikan oleh banyak pedagang kaki lima di sana.

4. Taman Sari Gua Sunrayangi

Tempat Wisata di Cirebon yang Menarik
photo taken by @ariefkevin

Taman Sari Gua Sunyarangi ini terletak di Kelurahan Sunyarangi, Kesambi, Kota Cirebon. Dimana terdapat bangunan mirip candi sehingga dinamakan Gua Sunrayangi atau Taman Air Suryangi. Sunrayangi merupakan Bahasa Sanskerta. Awal mulanya gua ini diperuntukkan untuk para sultan cirebon dan keluarganya untuk beristirahat dan meditasi. Sehingga gua ini meruapakan salah satu bangunan dari keraton kerajaan Cirebon.

Bagi anda dan keluarga ingin berwisata cagar budaya, Gua Sunrayangi sebesar 15 hekater ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda dan keluarga yang ingin menikmati suasana alam dan kerajaan pada zaman dahulu. Awal mulanya Gua Sunrayangi ini dikelilingi taman air dan danau, namun seiring perkembangannya mulailah dibagun permukiman penduduk dan jalan. Bila anda dan keluarga sudah memasuki area tamansari sunrayangi ini, anda akan dihadapkan pada dua kompleks. Kompleks pertama yaitu bagian pesanggrahan dan bangunan berbentuk gunung-gunung. Pada bagian pesanggrahan anda dan keluarga akan dimanjakan dengan berbagai ruangan keluarga kerajaan seperti serambi, ruang ibadah, kamar mandi, kamar rias, ruang tidur, dan taman yang dikelilingi banyak kolam.

Selain anda akan melihat pemandangan pada gua ini, di dalamnya anda akan melihat saluran air ruang penghubung bawah tanah. Fungsi setiap bagian gua terdiri dari 12 fungsi yaitu Bangsal Jinem (tempat raja memberikan wejangan dan melihat prajurit latihan), Gua Pengawal (tempat berkumpulnya para pengawal kerajaan), Komplek Mande Kemasan, Gua Pandekemasang (tempat untuk membuat senjata tajam), Gua Simanyang (pos penjagaan), Gua Langse (tempat bersantai), Gua Peteng (tempat menyepi untuk melatih kekebalan tubuh), Gua Arga Jumud (tempat berkumpul orang penting keraton), Gua Padang Ati (tempat bersemedi), Gua Kelanggengan, Gua Lawa (tempat berkumpulnya para kelalawar), dan Gua Pawon (tempat menyimpan makanan).

5. Batu Lawang Cirebon

Batu Lawang Cirebon
photo taken by @hendrasetiaone_

Batu lawang ini terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Jarak tempuh ke batu lawang ini cukup ditempuh dalam waktu 30 menit dari Kota Cirebon karena cenderung terletak di daerah pedalaman. Di lahan sebesar 3 hektare ini, Batu lawang menjadi salah satu destinasi wisata di Cirebon yang akan memanjakan anda dengan banyaknya tebing-tebing batu dan pemandangan yang indah dari puncak jaya.

Tempat ini juga merupakan salah satu yang cocok bagi para climbers atau pemanjat tebing. Tapi bagi anda dan keluarga yang hanya ingin sekedar menikmati pemandangan saja anda dapat menikmati dari ketinggian puncak batu, tapi ingat tetap harus hati-hati ya. Di sana sudah disediakan jalan bagi anda yang ingin mengelilingi batu lawang hingga mencapai puncak tebing batu lawang.

Walaupun masih terkesan baru dan belum cukup dikenal di kalangan masyarakat, anda tidak perlu khawatir Batu Lawang ini cukup menyediakan fasilitas yang anda butuhkan seperti tempat parkir, toilet, bahkan saung-saung yang dapat anda nikmati untuk bersantai dan menikmati pemandangan di sana. Selain itu fasilitas lainnya anda dapat menaiki kuda untuk sekedar berkeliling dan beberapa permainan di bawah tebing.

6. Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru
photo taken by @akarifqulmaula

Pemandangan alam yang tak kalah menariknya bagi anda dan keluarga adalah mengunjungi Gunung Ciwaru, gunung ini terletak di Blok Cimerang/Girimulya, Jalan Desa Payung, Pajajar, Rajagaluh, Kabupaten Majalangka, Jawa Barat. Lokasi ini berdekatan dengan Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi.

Gunung Ciwaru memanjankan anda dengan pemandangannya yang indah dari atas. Bila menghadap utara anda akan akan melihat hamparan dataran rendah Majalengka, lalu kemudian anda akan melihat deretan pegunungan kromong, hingga cuaca cerah laut jawa dan kota cirebon terlihat dari gunung ciwaru ini. Bila anda melihat ke arah selatan, anda akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Ciremai. Bila ke arah timur, anda akan dimanjakan pula dengan banyaknya pohon pinus yang menjadi ikon gunung ini.

Untuk biaya masuk gunung ciwaru ini gratis, anda hanya cukup memberikan sumbangan saja, hitung-hitung sekalian beramal dan membantu warga mengembang fasilitas gunung ciwaru tersebut.

7. Buper Cidewata

Buper Cidewata
photo taken by @m_sandy___

Buper Cidewata atau biasa disebut bumi perkemahan terletak di Blok Sadarehe, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat. Lebih tepatnya terletak di lereng gunung ciremai dengan lebih kurang memiliki ketinggian 1000 mdpl. Tidak hanya itu di sana anda akan banyak melihat perkebunan teh dan bawang serta sisa sisa lava letusan gunung ciremai. Buper Cidewata baru dibuka dan dikembangkan pada awal Januari 2017.

Selain suasana yang sejuk anda akan disajikan dengan banyaknya pemandangan pohon pinus. Selain menyediakan tempat berkemah, di sana juga akan disediakan spot untuk berselfie ria. Fasilitas yang disediakan seperti kamar mandi/toilet dan musholla juga ada. Anda juga tidak perlu khawatir bila perut merasa lapar, di sana anda akan bertemu dengan warung Kang Adun yang juga sekaligus penjaga Buper Cidewata ini.

Bagi anda yang mempunyai niat awal hanya ingin berkunjung namun tiba-tiba ingin kamping di sana, anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Kang Adun telah menyiapkan berbagai peralatan yang bisa anda sewa seperti tenda, matras, sleeping bag, dan hammock. Kang Adun juga menyediakan paket harga dengan api unggun dan nasi liwet. Untuk biaya masuk di Buper Cidewata ini tidak berbayar alias gratis.

8. Terasering Panyaweyuan

Terasering Panyaweuyan
photo taken by @ruzirusdi

Terasering Panyaweyuan ini terletak di Desa Argamukti, Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Terasering ini merupakan destinasi yang wajib dikunjungi bagi anda yang menyukai fotografi dan melihat keindahan panorama ladang yang tersusun rapi. Daerah perbukitan terjal dengan ketinggian 400-2000 mdpl dan kemiringan tanah sekitar 225-40%. Sehingga sebagian tempat jadi berundak-undak dan terwujudlah sawah terasering yang biasanya digunakan untuk pertanian.

Tidak heran bila para pecinta fotografi senang memotret keindahan terasering ini yang tersusun rapi. Untuk menghasilkan foto yang maksimal bagi anda yang gemar fotografi atau hanya sekedar berselfie ria, waktu yang tepat adalah pada pagi hari pukul 5.30-09.00 WIB. Karena udara dan pemandangan yang disajikan masih fresh. Yang tidak kalah menariknya di terasering ini anda dapat melihat pemandangan Gunung Ciremai.

9. Puncak Gunung Ciremai

Puncak Gunung Ciremai
photo taken by @vonivarlina09

Puncak Gunung Ciremai merupakan salah satu destinasi bagi anda pecinta gunung. Puncak Gunung Ciremai ini terletak di desa Linggarjati, Cilimus, Kuningan. Puncak gunung ini memiliki ketinggian 3078 mdpl dan luas wilayah 15.000 ha. Puncak Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Namun, ada cerita di balik puncak gunung ciremai ini terkhusus dari kalangan para pendaki yang terkenal memiliki banyak misteri.

Ceritanya beragam dari pendaki yang tersesat selama tiga hari dan banyaknya cerita warga sekitar. Disana anda akan menemukan Batu Lingga tempat bersemedinya Sunan Gunung Jati. Tapi dibalik semua ini, bila anda telah sampai pada puncaknya anda hanya cukup bersyukur anda keindahan ciptaan tuhan ini dan jangan lupa pantangan bagi para pendaki jangan mengeluh, selalu berdoa, dan tetap menjaga kebersihan ya.

10. Mesjid Agung Sang Cipta Rasa

Mesjid Agung Sang Cipta Rasa
photo taken by @tirena

Destinasi terakhir di Cirebon bagi anda yang menyukai suasana religi, mesjid ini mungkin bisa menjadi tempat yang anda dan keluarga kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Mesjid ini terletak di Jalan Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Mesjid ini konon merupakan mesjid tertua yang dibangun pada tahun 1480 masehi. Diambil semasa Wali Songo menyebarkan agama islam di jawa barat.

Hal yang menarik dilihat bila anda memasuki mesjid pada atapnya yang tidak memiliki kemuncak seperti mesjid pada umumnya. Mesjid ini terbagi atas beranda dan ruang utama. Ruang utama terbagi atas sembilan pintu yang melambangkan wali songo. Keunikan lainnya adalah mesjid ini memiliki etnik tersendiri karena dibangun oleh orang-orang yang berasal dari Demak, Majapahit, dan Cirebon.

Pada bagian mihrab mesjid anda akan melihat ukiran bunga teratai yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Di sana pula anda akan melihat tiga ubin bertanda khusus yang melambangkan iman, islam, dan ihsan.

***

Demikianlah 10 rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang wajib anda kunjungi. Jangan lupa untuk menyiapkan segala persiapan anda dan keluarga sebelum berangkat. Bila menggunakan kendaraan pribadi jangan lupa untuk menyiapkan kondisi kendaraan dengan baik, bila menggunakan kendaraan umum pastikan anda turun di tempat yang tepat serta jangan segan untuk bertanya dengan warga sekitar ya.

Warga Cirebon terkenal dengan keramahan mereka. Hal yang paling penting tentu menyiapkan obat-obatan dan kebutuhan lainnya yang perlu di bawa. Jangan lupa untuk membawa kamera atau video recorder untuk mengabadikan momen anda dan keluarga di sana. Selamat berliburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here