10 Tempat Wisata di Bali yang Paling Indah dan Menarik, Semua Orang Pasti Ingin Kesana!

0
602

Siapa yang tidak mengenal Pulau Dewata Bali? Bali merupakan destinasi paling diminati baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Yang paling diminati tentunya adalah pantainya yang sangat indah dan mempesona.

Bali merupakan salah satu Provinsi Bali. Provinsi Bali ini terbagi atas Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Penduduk Bali juga merupakan mayoritas penganut Hindu. Yang perlu anda ketahui, sejak tahun 1980an, Pulau Bali sudah menjadi tujuan wisatawan yang populer baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Selain itu, Pulau Bali membuat naik perekonomiannya menjadi 80%. Selain tempat wisatanya yang menarik, kesenian seperti modern tari, patung, lukisan, kulit, logam, dan musik juga tak kalah menariknya. Inilah yang membuat Bali menjadi destinasi favorit yang wajib anda kunjungi, berikut akan kami berikan ulasan mengenai tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi:

Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

1. Blue Lagoon

Blue Lagoon
photo taken by @mazharg13 on instagram

Pantai Blue Lagoon terletak di Padangbai, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Blue Lagoon merupakan resort di Bali yang langsung menghadap ke laut. Di sana anda akan menemukan pelabuhan Padangbai, pelabuhan ini juga cukup sibuk dikarenakan pelabuhan ini adalah tempat untuk menyebrang ke Lombok dan seterusnya ke Gilis.

Di sana anda akan dimanjakan dengan 25 unik villa, spa, restaurant yang unik, diving and snorkeling, yoga, anda dapat eksplore dengan teman dan keluarga, serta bisa dijangkau bila anda membawa anak-anak dan pasti akan sangat menyenangkan.

Hal yang paling menarik juga, anda bisa memasak dengan penduduk setempat makanan khas bali lho. Untuk menempuh ke Blue Lagoon tidak terlalu sulit, anda hanya perlu menempuh setegah jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali.

2. Paralayang di Bukit Timbis

Paralayang di Bukit Timbis
photo taken by @yudixanthara on instagram

Bila anda ingin wisata dengan olahraga ekstrem, paralayang timbis bali bisa menjadi destinasi anda. Anda akan menikmati sensasi yang berbeda dengan terbang di atas hamparan laut yang menakjubkan. Paralayang terletak di Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Namun paralayang ini tidak terlalu ramai seperti tempat wisata lainnya di Bali, dikarenakan paralayang ini merupakan tempat budi daya rumput laut yang dimana kemudian di ekspor ke berbagai negara. Tetapi bagi anda pecinta olahraga ekstrim, tentu ini bukan menjadi masalah bukan? Malah mungkin menjadi tempat yang menantang bagi anda penyuka olahraga ekstrem. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti area parkir kendaraan, rumah makan, restoran, kamar mandi, tempat istirahat, villa dan masih banyak lainnya.

Akses menuju paralayang ini dapat dengan mudah anda temukan di google maps. Menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan roda dua dan roda empat. Bila anda menggunakan kendaraan umum dapat melalui terminal bus kota Kuta Selatan. Kemudian melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Desa Kutuh hingga sampailah di lokasi.

3. Pantai Atuh

Pantai Atuh
photo taken by @thewanderfullylost on instagram

Pantai Atuh terletak di enida, Nusa, Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Pantai Atuh ini merupakan pantai yang berpasir putih dan memiliki pemandangan yang indah. Bisa dikatakan Pantai Atuh ini merupakan tandingan Raja Ampat di Papua dengan memiliki terumbu karangnya yang mempesona. Tidak heran bila pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara baik hari biasa maupun pada hari libur.

Di sana anda juga akan melihat Pulau Batu Melawang/Pepadasan, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah dan Pulau Bukit Jineng. Apalagi bila air pantai sedang surut, anda akan melihat biota laut di pantai ini yang masih sangat alami. Untuk dapat ke lokasi ini melalui laut dari dermaga Pantai Sanur, Pantai Kusamba Klungkung atau Pelabuhan Padang Bai untuk menuju ke Pulau Nusa Penida.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kendaraan bermotor yang anda tempuh dengan dalam kurun waktu 2 jam. Sesampainya di sana anda akan berjalan kaki lagi selama 45 menit. Tapi semua kelelahan anda akan terbayar tatkala anda sudah sampai di pantai ini.

4. Puncak Gunung Agung

Puncak Gunung Agung
photo taken by @acentris on instagram

Puncak gunung agung terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Bila anda sudah sampai di lereng gunung ini, anda akan menemukan Pura Besakih. Pura Besakih juga merupakan pura terpenting di Bali bagi umat Hindu.

Dengan ketinggian mencapai 3.142 meter yang merupakan gunung tertinggi di Bali, puncak gunung agung ini memberikan anda sensasi yang berbeda. Puncak gunung agung bisa menjadi salah satu destinasi wisata anda di bali bagi anda yang memiliki hobi hiking. Anda bisa memulai perjalanan dari Pura Pasar Agung yang terletak di Lereng Gunung Agung ini. Bagi anda yang memulai perjalanan ke puncak Gunung Agung perlu diketahui bahwa tempat ini berhawa dingin, jadi siapkan semua peralatan atau kebutuhan jaket yang tebal, sarung tangan dan lain sebagainya.

Di sana juga disediakan parkir yang cukup luas, anda juga bisa menyewa mobil dan supir bila takut tersesat. Rute menuju puncak gunung agung ini bila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat melalui tol Pantura bila anda dari Jakarta.

5. Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug
photo taken by @antotristan on instagram

Pantai Pasih Uug terletak di Sakti, Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Nama lain dari Pantai Pasih uug ini adalah broken beach. Dikatakan broken beach karena anda akan melihat tebing, namun tebing itu berlubang raksasa di bawahnya, sehingga inilah yang menjadi salah satu daya tariknya.

Daya tarik yang lainnya tentu saja pantai biru yang bersih dan sejuk. Sangat disarankan untuk pergi ke pantai ini di siang hari, karena bila beruntung anda akan melihat ikan pari dan lumba-lumba berenang secara bebas di pantai ini.

Untuk mencapai resort di sana anda dapat menempuh waktu 10-15 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua dari Pelabuhan Toyapakeh. Menuju ke lokasi ditempuh dengan jarak 50 menit lagi. Disarankan menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan anda cukup lihai menggunakannya, dikarenakan rute perjalan yang terjal, curam, dan cukup parah kerusakannya.

6. Air Terjun Aling-aling

Air Terjun Aling-Aling
photo taken by @sashajuliard on instagram

Bila anda ingin berwisata ke air terjun, Air terjun aling-aling mungkin bisa menjadi pilihan. Air terjun aling-aling terletak di Jalan Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Selain keindahan dan kealamian air terjun ini, juga lokasinya yang berdekatan dengan pusat keramaian kota, yaitu Singaraja. Di sana anda akan dapat melihatnya masih banyaknya pepohonan tumbuh lebat serta tebing yang tinggi, ini menandakan bahwa di sekitar areal air terjun ini belum ada kegiatan penambangan hutan.

Untuk mengakses ke lokasi ini, anda hanya perlu menempuh 2 sungai kecil sebelum sampai ke air terjun ini. Lokasi air terjun ini berjarak 110 km dari Bandara Ngurah Rai. Jadi, bila anda dari Ngurah Rai, kurang lebih anda harus menempuh jarak sekitar 3 jam untuk sampai ke air terjun ini.

7. Angel Billabong

Angel's Billabong
photo taken by @andrimashadi on instagram

Angel Billabong bisa anda tempuh, setelah anda berkunjung ke Pantai Uug di Bali. Bila dikatakan seperti satu paket. Tapi tergantung dari pilihan anda bila hanya ingin mengunjungi Angel Billabong saja. Angel Billabong terletak di Sakti, Nusa penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Angel Billabong merupakan pantai namun layaknya kolam renang yang tenang dan keindahan alamnya yang tak kalah mempesona. Bila anda berenang di pantai ini, anda akan menemukan tebing-tebing yang tinggi di sekitaran pantai ini.

Untuk sampai ke Pulau Nusa Penida, maka anda dapat menyeberang menggunakan speedboat dari dermaga penyebrangan di Sanur Bali. Setiap jamnya di sana telah di sediakan speedboat yang beraneka ragam, tinggal anda menyesuaikan waktu saja. Setelah itu anda akan melewati Pantai Uug, kemudian anda akan berjalan kaki kembali sekitar 300 meter, dimana anda akan berjalan di pinggir pantai.

8. Desa Pinggan Kintamani

Desa Pinggan Kintamani
photo taken by @gus_edyy on instagram

Desa Pinggan terletak di Pinggan, Kecamatan Bangli, Kintamani, Bali. Di desa pinggan ini merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang menyukai mengejar sunrise. Untuk menuju ke lokasi ini dapat anda tempuh melalui Kuta, kemudian anda akan menempuh jarak kurang lebih 2 jam untuk sampai ke Desa Pinggan ini.

Desa Pinggan Kintamani ini merupakan dataran yang cukup tinggi dimana berada pada 8o12’37”S dan 115o21’52”E di ketinggian 1300 mdpl (Elevation). Jadi sangat disarankan anda memakai pakaian tertutup dan membawa sweater atau jaket. Desa Pinggan Kintamani bisa menjadi pilihan juga bagi anda yang menyukai photography landscape atau hanya sekedar ingin menikmati sunrise semata.

9. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
photo taken by @iwakece on instagram

Pantai Suwehan terletak di anglad, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Patai ini disajikan bagi anda yang suka berpetualang. Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga jangan heran bila pantai ini sangat alami dan jarang terjamah.

Pantai Suwehan Nusa Penida ini memiliki panjang kurang lebih 400 meter. Pasir di sana juga putih bersih, selain itu di sana terdapat batu besar berbentuk segitiga lancip di laut persis seperti di Pipi Island di Thailand. Warga setempat biasa menyebutnya batu jineng.

Selain itu juga banyak orang banyak menyebutkan Pantai Volcom karena batu tersebut menyerupai brand volcom. Pantai ini juga sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan dan refreshing. Untuk menuju ke pantai ini dapat anda tempuh melalui Desa Tanglad, yaitu dengan berjalan kaki kurang lebih 300 meter dengan jalan yang cukup sempit dan curam.

10. Tanah Lot

Tanah Lot
photo taken by @hendro.zhou on instagram

Tanah Lot pasti sudah akan sering anda dengar. Tanah Lot terletak di Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tanah lot merupakan batuan lepas indonesia. Tanah lot ini juga merupakan rumah kuno bagi Hindu Ziarah Candi Pura Luhur Tanah Lot. Tanah Lot diklaim karya abad ke-16 oleh Dang Hyang Nirartha .

Selain sebagai tempat suci bagi pemeluk agama Hindu, tanah lot juga menyajikan keindahan natural yang memukau. Di sana juga anda akan dimanjakan dengan batu karang laut yang kokoh.

Bila anda ingin menikmati keindahan lainnya dari pantai ini adalah dengan menikmati sunrisenya yang sangat memukai dari Tanah Lot ini. Untuk menempuh jarak ke tanah lot ini adalah dengan jarak kurang lebih 20 km dari Kuta. Anda juga dapat berkendara dengan jarak 45 menit.

***

Demikianlah destinasi-destinasi di bali yang wajib anda kunjungi. Pastikan sebelum menempuh ke destinasi yang anda kunjungi perlu diperhatikan mengenai waktu dan jarak yang ditempuh, medan yang akan dilewati, peralatan apa yang wajib anda bawa, serta obat-obatan dan makanan apa saja yang perlu anda persiapkan.

Selain itu bacalah info-info terkait tempat wisata di Bali yang akan anda kunjungi. Hal ini tentu meminimalisir hal-hal yang tidak terduga dan di luar pengetahuan anda. Tetap berhati-hati dalam perjalanan, jaga kesehatan, dan tidak lupa berdoa tentnya. Selamat menikmati keindahan Bali!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here